KELOPAK III 2016

Oke, menuju dua bulan nggak ngeblog, akhirnya kemari lagi.
Faktor utama blog ini tak terjamah adalah.............................................laptop mati total. Hiksssss :(
Momen - momen penting pun jarang diapdet karena terlalu males untuk mengetik di warnet.
Sekarang demi mempertahankan ke-eksis-an blog ini, marilah kita bela - belain ngetik di meja operator warnet.
Here we goooooo !!!

Jadi cerita yang sudah di tunda selama berminggu - minggu adalah cerita tentang keikutsertaan sekolah kami mengikuti KELOPAK III 2016 di Aek Nabara. Niatnya ingin menulis hari per hari seperti cerita pengalaman LT 2 kemarin , tetapiiiiiiiiii berhubung sudah kurang greget jadi intinya aja ya, hehehe.

KELOPAK III itu adalah kegiatan tahunan Pramuka yang diselenggarakan oleh SMA N 1 Bilah Hulu dibawah naungan Kwartir Cabang Labuhanbatu yang acaranya langsung dibawah pimpinan Bupati Labuhanbatu, Bapak Pangonal Harahap. KELOPAK artinya Kegiatan Lomba Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak, III artinya tahun ini adalah kegiatan yang ketiga kalinya (cmiww). 

Kesan pertama ketika mendapat informasi tentang KELOPAK ini adalah: Canggih nih, kekinian. Semuanya serba digital. Informasi dari medsos, Juknis bentuk PDF, registrasi pun online. Mantappp.
Untuk ukuran Labusel yang kayak gini kayak gini sudah mantap kali, apalagi lihat jenis - jenis perlombaannya, beuuuhhhh, judulnya aja pakai Bahasa Inggris. Keren lah. 

Untuk kami, KELOPAK ini adalah pengalaman baru. Kami sangat excited mempersiapkan semuanya.
Dari lomba Colossal Dance, Semaphore Dance, Smart of Scout, Scout Rally, Fashion Carnaval, Miss Scout, Scout Movie, Curve Tenda, (kurang seksi apa coba nyebutnya, hahahaha), cuma LKBB lah yang di bahasa indonesia-kan, "Lomba Variasi Baris Berbaris", entah kenapa untuk lomba ini tidak di bahasa inggris-kan.

Persiapan kami kurang lebih dua minggu. Berlatih serius sekitar semingguan karena Kepala Sekolah sempat ragu - ragu untuk memberi ijin berangkat, maklum jauh, lintas kabupaten, lek. Bahkan untuk lomba Scout Movie kami buat sangat sangat mendekati deadline, hari Kamis pagi kami berangkat, Selasa kami baru syuting, Rabu sore film sudah jadi. Angkat topi sama videographernya (y)

Selama disana suasananya seruuuuuuu. Panitianya kekinian banget, yang Penjelajahan mesti pakai Whatsapp la, yang dokumentasi sudah pakai Drone, pokoknya keren. Tapi satu nih yang sangat sangat disayangkan padahal kebutuhan yang paling mendesak, yaituuuuuuu TIDAK ADANYA WC UMUM
Acara perkemahan itu diadakan saat musim kemarau. WC umum tidak disediakan, penduduk sekitar pelit (ya wajar karena emang lagi susah air), tapi alhamdulillah air untuk mencuci piring selalu stand by, untuk urusan MCK, KELOPAK masih kalah sama Perkemahan yang diadakan SMA N 2 Torgamba kemarin.

Empat hari tiga malam rasanya nggak cukup untuk menjalankan semua perlombaan. Pesertanya kurang lebih berjumlah 2000-an dengan 80-an Gudep yang ikut berpartisipasi. Mulai dari Gudep Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, dan Rokan Hilir. Dengan peserta segitu bagi kami yang mendapat nomor peserta terakhir mesti memperbanyak rasa sabaaaaaaaarrrrrrrrrrrr, NPP 38 dari 39 peserta itu cemana coba ? Kami tampil penontonnya udah pada bubar :(

Tapi alhamdulillah, walau nomor urut terakhir tetapi kami tidak juara terakhir. Walau dari kampung, tetapi kami tidak kampungan, walau dari ndeso tetapi rejeki kuto, hahaha.
Dari total 9 perlombaan, kami membawa 3 kejuaraan. Walau kalah 6 tapi masih mending daripada tidak menang sama sekali. Sewaktu LT 2 kemarin, Gudep kami Juara Umumnya, gitu tanding lintas kabupaten setidaknya kami tidak dikatain jago kandang, hehehe. Ngomong - ngomong, juara apa sajakah yang berhasil kami bawa pulang ???

1. SMART OF SCOUT
JUARA 3
#FunFact Pramuka nih: Cerdas Cermat Pramuka adalah Lomba yang paling nggak bisa diakali (baca: curangi). Karena memang peserta langsung mengetahui berapa jumlah nilai mereka. Alhamdulillaaaaaaahhhhh kali NPP kami bisa masuk 6 besar, mengingat proses belajar mereka yang malas - malasan. Ada 4 kriteria soal yang diujikan: Wawasan Kepramukaan, Wawasan Kebangsaan, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Selama di sekolah, mana ada yang mau belajar Wawasan Pramuka, semuanya milih Kebangsaan. Asal kalian tahu, bocah - bocah ini belajar Wawasan Pramuka, malam saat mau lomba, dibawah lampu sinar hape, disitulah mereka menghapal nama lengkap Bapak Pramuka Dunia, Siapa Nama Anak dari Bapak Pramuka Dunia, dan lain - lain. Untung Rizky, salah satu dari peserta membawa contoh - contoh soal yang sudah ku print dari google. Walau belajar dadakan, alhamdulillah semuanya masuk, panitianya copas dari google juga kayaknya, hahaha.
Sebuah kebanggaan, dari 39 Peserta kami masuk 6 besar, mengalahkan 33 sekolah lainnya. Babak 6 besar lombanya sudah mulai praktek (Morse, Semaphore, dan Tali Temali) dan finalnya babak rebutan. Babak rebutan ini kalau benar dapet nilai 100, kalah dikurangi 100. Alhamdulillah anak - anakku nggak terlalu nafsu menjawab, jadi nilainya nggak terlalu banyak minus. Mereka yang pasti - pasti saja, hahaha. Karena ada peserta yang kata anakku nafsu kali menjawab tapi salah terus, jadi yang awalnya nilai mereka 600 sekian jadi tinggal 300 sekian. Dari mulai posisi pertama jadi turun ke posisi terakhir #Pukpuk
2. SCOUT MOVIE
JUARA 1
Pas pengumuman kategori lomba ini, kami deg - degkan semua (yaiyalah, kalo nggak matek). Begitu panitia menyebut Juara 3, ternyata bukan sekolah kami yang disebut, juara dua juga bukan, kami semua pada 'wiihh weeeee, nggak dapeeeetttttt' ngeluh ala cabe - cabean :D, begitu juri menyebut Juara 1: SMP NEGERIIIIIIIIIII DUAAAAA (fyi nih cuy, SMP Negeri 2 banyak yang ikut kelopak ini, dari mulai SMP N 2 Rantau Utara, Rantau Selatan, dan dari daerah lainnya, kami deg deg kan abisss) sampai panitia menyebut KAMPUNG RAKYAAAATTTTT spontan kami semua loncat dan teriak YEEEEEEEEEEEEEEEE, Musa sebagai pemeran utama dalam film ini langsung lari ke tribun. ALHAMDULILLAH nggak sia - sia yang SKS (Sistem Kebut Semalam) itu. Untuk filmnya (versi yang dilombakan) bisa dilihat di fb pribadiku >> Indah Ikalaraii scrolling aja kebawah terus, untuk versi diaplud ke yutubnya belum aku ambil dari videographernya, hehe, sabar yak !!

3. SEMAPHORE DANCE
JUARA 1

Lalalala yeyeye.
Walau agak miris mengenang lomba ini tapi tetep bangga. Gimana nggak bangga, kami bisa meraih juara 1 dalam kategori lomba yang termasuk kategori baru ini dalam dunia kepramukaan Labuhanbatu/Labuhanbatu Selatan. Mengalahkan Juara Umumnya, cek.
Lomba ini diadakan sesaat setelah kami selesai LKBB, langsung bersiap - siap tampil, akupun langsung ke Tribun sebagai penanggung jawab musik, cailah. Ya, karena sibuk megamankan musik, aku yang di tribun yang melihat dengan jelas kerennya semaphore anak - anakku tapi nggak bawa kameraaaaaaa, aaaaaaaaaaaaaaaa, semua orang merekam kami, tapi kami sendiri tak merekam. Ada sih di ambil videonya sama Ficha dari lapangan, tapi belum dikirim, huhuhu.  Alhamdulillah juara 1 pokoknya, hehehe.

Iya, cuma itu yang bisa kami menangkan. LKBB kami nggak dapet, masuk 6 besar aja enggak. Tapi kesedihan itu terobati dengan ketiga kemenangan ini. Untuk Miss Scout, NPP kami yang diwakili oleh Rizky Indah Syahfitri berhasil masuk 10 besar dari 39 peserta dengan tertinggi ke-5. Banggaaaaaaaaaaa sekali rasanya masuk 10 besar, pas seleksi 5 besar lah anak kami kalah. Ada pertanyaan yang menurut dia sangat asing yang dia nggak bisa jawab, yaudah nggak apa - apa. Terus belajar lagi. Seenggaknya bisa menjadi 10 terbaik.

Dan untuk Kolosal Dance, kami sudah ke-GR-an menang, hahahah. Jadi ceritanya di PHP-in juri. Minggu pagi Pinru Putri kami dipanggil ke Tribun, lalu ditanya 'Kalian kan yang tadi malam nari yang pesertanya banyak itu ? Yang bentuknya melingkar ? Nah, nanti tampil ya sehabis upacara, tampil di depan Bapak Bupati' Pinru yang mendengar kabar itu langsung heboh begitu sampai tenda. Siapa yang nggak GR coba disuruh tampil depan Bupati. Begitu upacara dimulai, ternyata Kolosal Dance dari SMP Negeri 1 Bagan Sinembah yang tampil (btw, SMP inilah Juara Umum tingkat Penggalang), dan panitia mengumumkan "INILAH PENAMPILAN JUARA PERTAMA KOLOSAL DANCE TINGKAT PENGGALAAAANGGG" kebayang ya suara MC, trus kami semua bengong, ooooo berarti kita juara 2-nya, hahaha. Begitu upacara selesai, kami diberi kehormatan untuk tampil, dan begitu selesai tampil ternyata tidak ada pengumuman seperti pengumuman setelah SMP 1 tadi, dan ternyata begitu pengumuman juara pun kami memang tidak masuk, HAHAHA, yaudalah ya, setidaknya diberi kehormatan tampil di depan bapak Bupati. Oh iya, asal kalian tahu juga nih, musik Kolosal Dance kami ada 3 sekolah yang sama musiknya, PLEK, bahkan ke gerakan2-nya (maklumlah, sama2 copas dari yutub). Awalnya sempet minder juga, tapi ternyata musik sama membuat kami semakin termotivasi untuk menjadi yang terbaik, kami tampil mencoba berbeda dari yang lain, yah,karena yang berbeda itu akan kelihatan, kata Raditya Dika. Terbukti memang, dari ketiga sekolah yang musiknya sama, hanya sekolah kami yang mendapat kehormatan tampil di depan Bapak Bupati. Suatu Kehormatan yang luar biasa bagi kami, terima kasih panitia. :)

Inilah Kolosal Dance kami yang tampil di depan Bapak Bupati dan disaksikan seluruh Peserta Kelopak :)



Jadilah berbeda dari yang lain, karena yang beda itu akan kelihatan - Raditya Dika

Untuk Penjelajahan kami tidak dapet, padahal kata anak - anak, kami yang paling kreak yel - yel-nya, nggak ada yang berani melawan #tsaahhh tapi ya entah dimana kurangnya, hanya panitia lah yang tahu..



Kenangan Penjelajahan di Aek Nabara

LKBB juga kalah padahal udah ketjeh berat...

Masih harus banyak berlatih lagi..
Untuk Karnaval kami juga kalah, kami tidak mengenakan pakaian wajib (pakaian adat), tema pakaian kami hanya fokus ke pakaian daur ulang. Di karnaval ini kami mengandalkan kostum robotnya Huan. Tetapi kostum robot saja tidak cukup untuk memenangkan hati juri, hahaha


Untuk kostum ini, Huan banyak mendapat pujian. Karya dia asli.
Untuk lomba menghias tenda, kami memang tidak niat untuk menang. Tidak ada persiapan sama sekali. Jadi ya apa adanya saja la, hehe..
Dapur kami

tenda kami. cemana mau menang, kayak gini keadaannya :D
Jadi itulah hasil Gudep kami di perlombaan KELOPAK 2016. Banyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkk sekali kenangannya, apalagi buatku pribadi yang notabene disana jobdesk-nya sebagai orang dapur. Banyak mengetahui siapa yang rajin, siapa yang malasnya ampun - ampunan. Aku juga dapet ilmu baru bagaimana cara memasak nasi untuk 41 orang, ha ha ha, warbiyasak !!!
MASAK, CUY !!!
Sampai bertemu di KELOPAK IV 2017. Semoga kami bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasi kami. Semangat !!!!


SMP NEGERI 2 KAMPUNG RAKYAT
JAHEEEEEE JAYA JAHEEEEE, PASTIIIIIIIIIIIIIIIIIIII BISAAAAAAAA !!!!

0 comments:

Post a Comment

Footer

Lorem Ipsum

Welcome

Ketika tak bisa lagi bersuara, tak sanggup berperang mulut, lewat tulisan ku sampaikan semuanya.
Powered by Blogger.